iklan

Ketika Article Halaman Depan Anda dirubah oleh Hacker

Beberapa hari yang lalu, salah satu halaman web joomla yang saya kelola dirubah halaman depannya oleh Hacker Tercinta, kenapa saya bilang tercinta, soalnya gara2 dia ngacak2..bikin saya tambah pengetahuan, biar cari solusinya muka cembetut sambil uring2an..hehhehe
Setelah buka2..1 hari kemarin ga dapet apa2 alias nihil hasilnya, soalnya nyarinya pake esmosi jiwa, tapi akhirnya tadi ketemu juga..caranya pertama sabar dulu, terus buka configuration.php, baca baik2 database yang dipakai, dan setelah itu buka databasenya, inget ya jgan sampai salah buka databasenya, soalnya krmn seharian ngutak utek database yang salah..tatian deh gw..
Buka web yang dihacked, klik kanan -> view page source, baca2 source code dan cari id article yang dirubah. Kemudian buka databasenya, cari jos_content atau yang mirip, soalnya jos itu yang standar dipakai, kemungkinan di database anda sudah diubah. Setelah itu cari id article yang diubah, dan sesuaikan isinya dengan isi article sebelum di Hacked, simpan datanya dan refresh halaman web anda. Taraaa article web anda kembali seperti semula.
Untuk mengantisipati hacker membuat user baru, maka cek database jos_user, dan silahkan hapus user yang tidak anda kenal. semoga bermanfaat :)

0 silahkan Berkomentar,,.:

Post a Comment

terima kasih Atas Coment nya Gan..,,

Copyright © 2012 lUpuz_Cyber™Template by :Urangkurai.Powered by Blogger.Please upgrade to a Modern Browser.