iklan

[Facebook] jangan Hanya Make aja..Ketahui juga sejarahnya..!!

paraANDA
peselancar dunia
maya yang
sering berjelajah
dari situs satu ke
situs lainnya pasti
takkan lupa untuk nongkrong atau paling tidak sekedar mampir ke
salah satu situs yang lagi meroket saat ini. Situs apa itu? Ya, tentu saja
situs
facebook! Saat ini siapa yang tidak mengenalnya? Bisa dipastikan
orang yang melek huruf dan pernah berinternet pasti mengetahui situs
yang satu ini. Bahkan mereka yang dulunya hanya berinternet untuk
sekedar
membuka email kini pun mulai betah berlama-lama di depan
komputer untuk mengulak-ngulik akun Facebook-nya.
Data berbicara saat ini ada sekitar 175 juta profil aktif di situs Facebook
dan setiap profil rata-rata memiliki 120 teman. Durasi pengaksesan profil
berjumlah sekitar 3 miliar menit/hari dan lebih dari 18 juta pengguna
meng-update profilnya setiap hari [
data lengkap]. Lebih lanjut, menurut
penelitian yang dilakukan oleh Student Monitor, Facebook termasuk
dalam jajaran benda/hal kedua yang diingini oleh para pelajar/
mahasiswa di AS setelah Ipod.
Tapi tahukah anda bahwa Facebook dulunya hanya sebuah situs
eksklusif yang dikhususkan untuk anak-anak kampus Harvard saja?
Lalu tahukah anda ternyata si pencipta situs ini pernah digugat di
pengadilan atas tuduhan penjiplakan hak intelektual dan source code
dari perusahaan lain? Selain itu benarkah
Facebook memiliki situs
kembaran?
So, bagi yang tertarik lanjut mengetahui seluk beluk facebook lebih
dalam berikut akan dipaparkan secuil kisah sejarahnya.
Facebook termasuk dalam kategori situs jejaring sosial seperti
Friendster, MySpace, Multiply, Yuwie, dll yang menyediakan media bagi
para penggunanya untuk saling bertukar informasi dan berinteraksi.
Facebook diluncurkan pertama kali pada tanggal 4 Februari 2006 oleh
seorang mahasiswa Harvard University, Mark Zuckerberg. Nama
Facebook sendiri diinspirasi oleh
Zuckerberg dari sebuah istilah di
kalangan kampus seantero AS untuk saling mengenal antar sesama
civitas akademiknya. Awalnya para penggunanya hanya dikhususkan
bagi para mahasiswa di kampus Harvard University. Lalu kemudian
diperluas ke sejumlah kampus di wilayah Boston (Boston College,
Boston University, Northeastern University, Tufts University) dan
kampus-kampus lainnya seperti Rochester, Stanford, NYU, Northwestern,
and Ivy League. Menyusul kemudian sejumlah kampus lain di AS.
Akhirnya, penggunanya lebih diperluas lagi ke sejumlah kampus lain di
seluruh dunia. Tanggal 11 September 2006, Facebook membuat satu
langkah penting dengan mengizinkan aksesnya ke seluruh netter yang
mempunyai
alamat email valid, namun, dengan pembatasan usia.
Sejarah dan Perkembangan
Asal mula Facebook berawal ketika Mark Zuckerberg (saat itu
mahasiswa semester II Harvard University) membuat sebuah situs
kontak jodoh untuk rekan-rekan kampusnya. Zuckerberg yang
terinspirasi dari situs
Hot or Not menamai situs buatannya
Facemash.com. Metode situs ini yaitu menampilkan dua foto pasangan
(pria dan wanita), di mana selanjutnya dua pasangan ini akan dipilih
oleh para anggota situs mana pasangan yang paling "hot". Nah, untuk
menampilkan foto-foto pasangan di situs ini, Zuckerberg berupaya
dengan segala cara mencari foto-foto rekannya dengan cara keliling
'door-to-door' untuk meminta foto.
1
Saking nekatnya, Zuckerberg membobol akses jaringan komputer
kampusnya untuk mendapatkan foto-foto tambahan. Namun aksi ini
diketahui pihak kampus dan mereka selanjutnya memblokir situs
Facemash.com diikuti dengan tindakan sanksi kepada Zuckerberg
dengan ancaman akan memecatnya dari kampus (walaupun ancaman
ini tidak jadi direalisasikan). Atas tindakannya itu, Zuckerberg membela
diri dengan mengatakan "Tindakan pihak kampus yang memblokir situs
facemash.com memang benar alasannya, namun sayang mereka tidak
menyadari potensinya yang bisa saja menjadi alat pendongkrak
popularitas bagi kampus itu sendiri". Ia melanjutkan "Cepat atau
lambat, nanti juga akan ada orang lain yang membuat situs serupa".
2004
Tidak kapok, pada semester berikutnya, tepatnya pada tanggal 4
Februari 2004, Zuckerberg membuat sebuah situs baru bernama "The
Facebook" yang beralamat URL: http://www.thefacebook.com. Untuk
situs barunya ini, Zuckerberg berkomentar sarkas: "Menurutku upaya
pihak kampus yang ingin membuat media pertukaran informasi antar
civitas akademik yang butuh waktu bertahun-tahun adalah hal yang
konyol. Dengan situsku ini, aku bisa mengerjakannya cuma dalam
waktu seminggu saja".
2
Saat pertama kali diluncurkan "The Facebook" hanya terbatas di
kalangan kampus Harvard saja. Dan sungguh menakjubkan! Dalam
waktu satu bulan para penggunanya sudah mencakup lebih dari
setengah jumlah mahasiswa Harvard saat itu. Selanjutnya, sejumlah
rekan Zuckerberg turut bergabung memperkuat tim
thefacebook.com.
Mereka adalah Eduardo Saverin (analis usaha), Dustin Moskovitz
(programmer), Andrew McCollum (desainer grafis), dan Chris Hughes.
Bulan maret 2004, thefacebook.com mulai merambah ke beberapa
kampus lain di kota Boston, AS dan juga ke sejumlah kampus ternama
seperti Stanford, Columbia, Yale, dan Ivy League. Tak butuh waktu
lama, situs ini telah tersebar penggunaannya di hampir semua kampus
di AS dan Kanada. Bulan Juni 2004, Zuckerberg, McCollum dan
Moskovitz memindahkan markas ke Palo Alto, California. Di sini mereka
turut dibantu juga oleh Adam D'Angelo dan Sean Parker.
Pertengahan 2004, thefacebook.com mendapat investasi pertamanya
dari salah seorang pendiri
PayPal, Pieter Thiel.
2005
Bulan Mei 2005, thefacebook.com mendapat suntikan dana segar hasil
join venture dengan Accel Partners. Tanggal 23 Agustus 2005,
thefacebook secara resmi membeli nama domain mereka dari
Aboutface.com seharga USD 200.000 dan sejak saat itu penggalan frase
"the" tidak dipakai lagi sehingga nama mereka resmi menjadi
facebook.com.
Pada tahun 2005 ini juga, facebook telah memperluas jangkauan
pengguna ke kalangan pelajar SMA. Masih di tahun yang sama,
sejumlah universitas di Meksiko, Inggris Raya, Australia dan Selandia
Baru juga sudah bisa menikmati jaringan Facebook.
2006
Awal tahun 2006, Facebook diisukan akan diakuisisi oleh sebuah
perusahaan dengan harga USD 750 juta, bahkan tawarannya melonjak
hingga USD 2 miliar. Namun kabar ini tak terbukti. Pada bulan April
2006, Facebook mendapat suntikan dana segar USD 25 juta hasil
investasi dari Peter Thiel, Greylock Partners, dan Meritech Capital
Partners. Bulan Mei tahun yang sama Facebook mulai merambah benua
Asia melalui India. Di pertengahan tahun, gilliran Israel dan Jerman.
Akhirnya pada 11 September 2006, Facebook merubah status
registrasinya menjadi "free to join" bagi semua pemilik
alamat email
valid di seluruh dunia.
2007
Bulan September 2007, Microsoft mengumumkan telah membeli 1,6%
saham Facebook senilai USD 15 miliar. Dalam pengambilan saham ini
juga tercakup kesepakatan bahwa
Microsoft memiliki hak untuk
memasang iklan mereka di Facebook. Melihat langkah ini sejumlah
pemain raksasa lain seperti
Google, Viacom, Friendster juga
mengungkapkan minat mereka untuk berinvestasi di Facebook.
Sebelumnya di tahun 2006, Yahoo! telah menawarkan tawaran akuisisi
senilai USD 1 miliar. November 2007, seorang miliuner Hongkong Li Ka-
shing menanam investasi senilai USD 60 juta di Facebook.
2008
Pada Agustus 2008, majalah Business Week melaporkan sejumlah
pihak lain telah ikut menanamkan saham di Facebook sehingga
diperkirakan nilai Facebook berkisar antara USD 3.75 miliar sampai USD
5 miliar
Situasi Situs
Pengguna Facebook kini dapat bebas bergabung ke banyak jaringan
yang diatur berdasarkan kota, lokasi kerja, sekolah maupun negara.
Jaringan-jaringan ini kemudian akan menghubungkan para anggotanya.
Sesama pengguna dapat berhubungan dengan teman-temannya dan
bisa saling melihat isi profil pribadi.
Situs Facebook mendapatkan pemasukan utama dari iklan-iklan yang
terpasang padanya. Para pengguna bebas membuat profilnya masing-
masing yang di dalamnya bisa berisi foto dan info-info pribadi lainnya.
Selain itu dapat juga saling mengirim pesan, bergabung dengan sebuah
grup atau lebih. Secara default,
Facebook mengatur profil pengguna
hanya bisa diakses oleh sesama pengguna yang telah berteman.
Namun pengaturan ini bisa nanti dirubah jika diinginkan.
Microsoft adalah mitra eksklusif Facebook dalam menayangkan iklan-
iklan banner. Inilah sebabnya mengapa Facebook hanya menayang
iklan-iklan yang termuat dalam jaringannya Microsoft. Menurut
comScore (situs periset internet marketing) saat ini Facebook
mengumpul data pengguna sebanyak yang dikumpulkan oleh Google
dan Microsoft.
Dalam hal tampilan, Facebook sering dibanding-bandingkan dengan
MySpace dan Friendster. Namun perbedaaan utama antara mereka
ialah MySpace dan Friendster mengizinkan pengguna mendekorasi
tampilan profilnya dengan fitur HTML dan CSS, sedangkan Facebook
hanya mengizinkan fitur teks saja sehingga semua tampilan profil
pengguna terlihat seragam.
Fitur
Facebook memiliki sejumlah fitur interaksi antar sesama pengguna
yang di antaranya adalah fitur 'Wall/Dinding', ruang tempat sesama
pengguna mengirimkan pesan-pesan terbuka, 'Poke/Colek', sarana
untuk saling mencolek secara virtual, 'Photos/Foto' ruang untuk
memasang foto, dan 'Status' yang menampilkan kondisi/ide terkini
pengguna. Mulai Juli 2007,
Facebook mengizinkan pengguna untuk
mengirim berbagai lampiran (tautan, aplikasi, dsb) langsung ke Wall/
Dinding, di mana sebelumnya yang diizinkan hanya teks saja.
Seiring perjalanan waktu, Facebook menambahkan beberapa fitur baru
ke dalam situsnya. Pada September 2006, Facebook mengumumkan
peluncuran News Feed/Rangkaian Kabar Berita yang berisi kilasan
informasi dari masing-masing pengguna. Mulanya fitur ini bersifat
terbuka dan bisa dilihat oleh siapa saja. Namun setelah mendapat
keluhan dari beberapa pengguna, pihak Facebook merubah pengaturan
fitur ini sehingga kini pengguna dapat mengatur mana yang bisa
ditampilkan di News Feed/Rangkaian Kabar Berita dan mana yang tidak.
Fitur Catatan/Notes ditambahkan pada 22 Agustus 2006. Dalam fitur ini
pengguna bisa mengimpor tulisannya di blog lain (
Xanga, LiveJournal,
Blogger, dll) untuk ditampilkan di Facebook. Tanggal 7 April 2008,
Facebook meluncurkan salah satu fitur favorit yaitu 'Chat/Obrolan',
tempat di mana para pengguna bisa saling berkirim pesan pribadi
secara langsung dan real time.
Fitur 'Gifts/Hadiah' dimulai pada 8 Februari 2007. Fitur ini adalah fitur
untuk saling berkirim hadiah. 'Hadiah' bisa dibeli dengan harga USD 1
dan ditambahkan pesan pribadi. Tanggal 14 Mei 2007, Facebook
memperkenalkan 'Marketplace' yang mengizinkan pengguna untuk
beriklan secara gratis. Fitur beriklan gratis ini dibuat untuk menyaingi
fitur serupa yang diperkenalkan oleh
Craiglist.
Juli 2008, Facebook merapikan tampilan situs sehingga setiap kategori
(dinding, info, foto, dll) memiliki tab-tab terpisah. Mulai Maret 2009,
Facebook merapikan tampilan "Home/Beranda".
Platform
Pada 24 Mei 2007, Facebook mempromosikan Facebook Platform. Ini
adalah sarana bagi para pengembang software untuk menciptakan
aplikasi yang bisa digunakan di
Facebook. Langkah ini segera disambut
oleh para pengembang software sehingga sampai 25 Maret 2009
tercatat ada 52.000 aplikasi dengan jumlah pengembang sebanyak
660.000 pihak.
Perkembangan Negatif
Pada Desember 2008, Mahkamah Agung Australia
memutuskan menggunakan data-data pengguna
Facebook sebagai salah satu dasar dalam penentuan
putusan perkara.
Universitas New Mexico pada Oktober 2005 memblokir
akses Facebook dalam jaringannya dengan dalih situs
Facebook bukan merupakan situs penunjang kampus.
Pemerintah Provinsi Ontario, Kanada juga memblokir
akses Facebook dengan alasan yang hampir serupa.
Beberapa negara sampai saat ini masih melarang akses
Facebook ke warga negaranya. Pemerintah Syria
melarang akses
Facebook dengan alasan situs ini akan
dimanfaatkan oleh Israel untuk meluaskan pengaruhnya.
Pemerintah Iran juga memblokir Facebook karena
khawatir media ini akan digunakan pihak oposisi untuk
menggalang jaringannya.
Pada 5 Februari 2008, seorang warga negara Maroko,
Fouad Mourtada, ditahan oleh kepolisian setempat
karena membuat profil palsu atas nama Pangeran
Moulay Rachid yang merupakan salah satu anggota
keluarga Kerajaan Maroko.
Sejumlah pengguna yang ingin keluar dari jaringan
Facebook mengeluh kesulitan dalam menghapus
profilnya. Hal ini terjadi karena sebelumnya Facebook
hanya mengizinkan pengguna untuk sekedar deaktivasi
saja sedangkan data-data pribadi tetap tersimpan dalam
server
Facebook. Kebijakan ini banyak dikritik oleh para
pengguna yang ingin benar-benar menghapus seluruh
datanya. Menanggapinya, pihak Facebook kemudian
merubah kebijakan pada 29 Februari 2008 sehingga
sejak saat itu pengguna yang ingin keluar dapat
meminta data-data pribadinya untuk dihapus sama sekali
dari jaringan Facebook.
Pada 2004, ConnectU, sebuah situs yang mirip dengan
Facebook, membuat tuntutan hukum kepada Zuckerberg
atas tuduhan penjiplakan ide kreatif dan source code.
Para pendiri ConnectU (Divya Narendra, Cameron
Winklevoss dan Tyler Winklevoss) yang merupakan
rekan sekelas Zuckerberg di Harvard beranggapan
bahwa konsep dasar Facebook adalah ide mereka dan
Zuckerberg hanyalah orang yang disewa untuk
mendesainnya.
Seorang warga negara Kanada, Adam Guerbuez, pernah
memanfaatkan situs Facebook untuk mengiklankan
produk pembesaran penis dan penggunaan mariyuana.
Pihak Facebook kemudian menggugat Guerbuez di
pengadilan setempat dan memenangi gugatan itu.
Pada 24 Juli 2008, Grant Raphael, seorang warga Inggris
diseret ke meja hijau atas tuduhan membuat profil palsu
yang isinya menghujat mantan rekan bisnisnya, Mattew
Firsht, sebagai seorang homoseksual.
Pesepakbola tenar Italia, Alessandro Del Piero
menggugat Facebook pada 9 Februari 2009 karena
memuat profil palsu dirinya yang berisi tautan-tautan ke
berbagai situs propaganda Nazi. Del Piero kemudian
menyatakan bahwa ia bukan pendukung Nazi dan sama
sekali tidak pernah memiliki akun apapun di Facebook.
Kondisi Terkini
Terlepas dari berbagai kontroversi di atas tak bisa dipungkiri bahwa
demam Facebook sedang mewabah di seluruh dunia. Jadi kini
tergantung anda sendiri memanfaatkan Facebook untuk tujuan apa
dengan mempertimbangkan resiko-resiko yang menyertainya.
Apapun itu, saat ini menurut comScore Facebook adalah situs jejaring
sosial terkemuka di dunia mengalahkan MySpace dan menurut Alexa
untuk peringkat global berada di peringkat kelima, hanya kalah dari
Google,
Yahoo, Youtube dan Live. Sedangkan penghargaan yang pernah
diterima adalah "Top 100 Classic Websites" tahun 2007 dari PC Magazine
dan "People's Voice Award" tahun 2008 dari Webby Awards.

0 silahkan Berkomentar,,.:

Post a Comment

terima kasih Atas Coment nya Gan..,,

Copyright © 2012 lUpuz_Cyber™Template by :Urangkurai.Powered by Blogger.Please upgrade to a Modern Browser.