iklan

materi Produktif XI TKJ (+) "memahami sistem operasi jaringan berbasis GUI REDHAT LINUX 9."


Pendahuluan




    jenis-jenis sistem operasi jaringan berbasis GUI seperti pada sistem operasi yang dapat digunakan pada PC, sistem operasi jaringan uga bermacam-macam banyak perusahaan yang mengembangkan sistem operasi yang bersifat (free) alias gratis sistem operasi memegang peranaan yang sangat vital. Terhadap program yang akan berjalan. Pemilihan sistem operasi yang harus di sesuaikan dgn kebutuhan baik hardware, program yang akan dipakai maupun user yang akan melalui sistem. Microsoft Windows Fit, Windows 2000 Server & windows 2003 server merupakan sistem operasi jaringan yang dikembangkan oleh perusahaan Microsoft dgn lisensi komersial. Untuk menggunakan sistem operasi jaringan dari microsft kita harus membayar lisensi atau membeli sesuai dgn kebutuhan & kesepaktan antara pengguna dgn perusahaan.
                Selain microsoft perusahan yang mengembangkan sistem operasi jaringan adalah unix, san solaris,& perusahaan lainnya. Salah satu sistem operasi jaringan yang dikembangkan secra dengan Free adalah linux, Linux di kembangkan pertma oleh linus Torval ds, mengusung proyek open source dengan lisensi GHU/GPL  ( General Public Licence ) yaitu suatu lisensi dimana pemilik program tetap memegang haknya tetapi orang lain dimungkinkan untuk menyebarkan, memodifikasi atau bahkan menjual kemabali program tersebut tetapi dengan syarat soure code asli& hak cipta harus diikut sertakan dalam distribusinya. Dengan konsep ini semua orang dapat diikut bangkan sistem operasi&Software berbasis Linux.
                Dengan lisensi GHU/Gpl linux menjadi salah satu sistem operasi yang mengalami perkembangan yang sangat cepat, karena linux dikembangkan oleh komunitas pengguna sistem opearsi  open Source. Kelemahan sistem operasi atau yang seri disebut dengan “ BUG “ akan segera dipakai oleh komunitas penggunaan Linux& dapat langsung didistribusikan dengan Free. Dengan demikian sistem opersi Linux menjadi sistem opersi yang Upto date setiap saat. Mungkin anda masih bingung dengan Lisensi Ghu/gpl, kalau demikian perusahaan atau orang yang mengembangkan linux dari mana mendapat keuntungan ? yang dimaksud denga Ghu/Gpl  disini adalah bahwa sistem operasi yang dikembangkan memang bersifat Free tetapi pengembangan dapat juga menjualnya dengan harga yang tidak terlalu mahal, & perusahaan dapat memperoleh keuntungan dari jasa pelayanan instalasi, pelatihan, implementasi sistem, dll.

    spesifikasi hardware

                Prkembangan hardware komputer yang cepat diiringi juga dengan perkembangan sofware dan sistem operasi yang menuntut spesifikasi hardware yang tinggi. Oleh karena itu sebelum memutuskan untuk melakukan instalasi sistem operasi sebaiknya dicek dahulu kebutuhan minimum hardware yang diperlukan beberapa sistem opersi mensyaratkan spesifikasi minimal hardware agar kompter dapat bekerja secara optimal. Jika stesifikasi hardware kurang memenuhi sayarat maka akan berdampak pada tidak optimalnya kerja sistem operasi
                Untuk memenuhi stesifikasi hardware komputer dapat dilihat pada manual book. Jika manual book tidak ada, dapat dilihat spesifikasi hardware pada saat komputer pertama kali dinyalakan, maka sistem BIOS akan melakukan cek hardware dan akan menampilkan dilayar monitor beberapa spesifikasi hardware yang  perlu diketahui adalah sebagai brikut :
    Ø  CPU : cpu atau prosesor merupakan inti dari sebuh mesin komputer ada banyak pengembangan prosesor dengan spesifikasi dan teknologi yang berbeda. Tiap jenis prosesor memerlukan hardware yang berbeda sehingga diperlukan pengetahuan mendalam dalam pemilihan prosesor.
    Intel mengembangkan prosesor jenis pentium I,II,III,IV pentium celeron, intel Xeon, intel mobile, dan lain sebagainya dengan clock speed mulai 100 MHZ sampai 3,2 GHz, AMD Merupakan athlon, barton, opteron dengan clock speed yang hampir sama.
    Xyrix,via,sys,motorolla, apple dan perusahaan lainya juga mengembangkan prosesor.  Sebelumnya

      Kebutuhan hardware

          Pada awal pengembangan linux dapt berjalan pada mesin komputer ISA, EISA, VESA, local BUS atau PCI 80836, 80486 dengan spesifikasi hardware pada jaman itu masih  sangat minim. Linux sbenarna tidak dibutuhkan spesifikasi hardware yang besar  namun pekembangan dunia hardware juga tidak menjadikan linux sebagai sistem operasi ketingalan jaman. Dengan konsep open source paara pengembang linux terus mengembang sistem operasi ini mengikuti perkembangan jaman

    Redhat 9 memberikan spesifikasi hardware minimal yang dibutuhkan agar sistem dapat berjalan dengan baik. Spesifikasi tersebut sebagai berikut :
    Procesor : pentium I 200 ( untuk mode text )
                                  Pentium II 400 ( untuk server )
                                  Rekomendasi pentium III 600 Mb ke atas
    Hardisk :   475 mb ( untuk custom installation )
                      850 Mb ( untuk server )
                      1,7 Gb ( untuk personal desktop )
                      2,1 Gb ( untuk workstation )
    Memory :   64 Mb (  untuk mode text )
                      128 Mb ( ntuk mode grafik )
                      Rekomendasi 192 Mb agar berjalan dengan baik

    Sebelum memulai instalasi redhat Linux 9 , Perlu diketahui Bahwa Sistem operasi Redhat Linux Berbeda dengan sistem operasi Microsoft Windows. Redhat Linux membutuhkan partisi Hardisck Minimal Menjadi dua bagian yaitu sebagai Root dan sebagai swap dapat diatur sesuai kebutuhan. Swap merupakan penyimpanan data sementara selama proses berlangsung hampir mirip dengan virtual memory di windows . Linux dapat mempunyai pastisi lain seperti / usr / boot / dan /var

    4 silahkan Berkomentar,,.:

    terima kasih Atas Coment nya Gan..,,

    Copyright © 2012 lUpuz_Cyber™Template by :Urangkurai.Powered by Blogger.Please upgrade to a Modern Browser.